Home » , » Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi

Sejarah Singkat Perkembangan Akuntansi


Akuntansi mempunyai sejarah yang panjang. Catatan-catatan tentang perkiraan sudah dimulai sejak peradaban kuno di Babilonia, Yunani, Cina dan Mesir, sekitar 3.600SM. Akuntansi pada saat itu digunakan untuk menelusuri biaya-biaya buruh dan biaya-biaya bahan.

Untuk mengetahui Laba/Rugi, pedagang-pedagang dari Genoa menghitung harta yang ada pada akhir pelayaran dan membandingkannya dengan harta yang dibawa pada saat pelayaran. Sedangkan rahib Luca Paciola, seorang matematika mengumumkan gambaran pertama tentang Double Entry Bookeping atau Pembukuan Berganda di tahun 1944.

Di Indonesia, Akuntansi mulai diterapkan sejak tahun 1962, tetapi jejak yang jelas baru ditemui pada pembukuan Amphioen Sociteyt yang berdiri di Jakarta tahun 1747. Sejak tahun 1850 ketika bangsa Belanda menemukan metode pembukuan baru yang lebih efisien, maka akuntansi di Indonesia semakin berkembang.

Saat ini akuntansi sering disebut juga bahasa dunia usaha (Business Language), karena setiap yang ingin menjelaskan transaksi-transaksi keuangan pada umumnya menggunakan konsepsi dan istilah-istilah akuntansi.

Simak terus ya Gengs postingan-postingan di Belajar kuY, CMIIW.

Sumber Foto

0 comments:

Back to top